Selasa, 03 Juni 2014

Karangan Ilmiah

Karangan ilmiah adalah suatu karangan atau tulisan yang diperoleh dari seseorang atau sebuah tim dengan melakukan pengamatan, peninjauan, penelitian dan pengamatan di bidang tertentu. Di susun menurut metode tertentu dengan sistematika yang bersantun bahasa dan isinya dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.
Contoh Karangan Ilmiah :
a.       Skripsi
Skripsi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu karya tulis ilmiah dari hasil sebuah penelitian, yang dilakukan untuk membahas suatu permasalahan atau fenomena yang ada dalam suatu bidang tertentu, untuk mendapatkan gelar sarjana S1.

b.      Tesis
Tesis adalah karya tulis ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan Program Magister (S2).

c.       Disertasi
Disertasi Tesis adalah karya tulis ilmiah yang ditulis oleh seorang mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan Program S3.

d.      Karangan Ilmiah Populer (Semi Ilmiah)
Karangan Ilmiah Populer adalah sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan yang di tulis dalam bahasa konkret dan formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya.

e.       Jurnal
Jurnal merupakan salah satu jenis jurnal akademik dimana penulis mempublikasikan artikel ilmiah. Untuk memeastika kualitas ilmiah pada suatu artikel yang di terbitkan, biasanya harus di teliti terlebih dahulu oleh reken-rekan sejawatnya dan di revisi oleh penulis.

0 komentar:

Posting Komentar