Kamis, 30 Desember 2010

Manusia dan Pandangan Hidup

Dalam kajian berikut ini akan dijelaskan mengenai hakikat pandangan hidup,keyakinan, dan idealisme yang nyata dari manusia dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.



Pandangan hidup suatu pegangan yang digunakan sebagai penuntun seseorang dalam menjalani kehidupannya sehingga dapat terus berjalan sesuai dengan yang diyakininya tanpa kehilangan arah.

Macam-macam sumber pandangan hidup:

>Religi atau agama
>Keluarga
>Buku
>Pendapat tokoh
>Fisafat hidup

Ideologi adalah suatu hal yang dianut setiap orang yang menjadi dasar yang dari sebuah organisasi yang diikutinya (contoh: Negara).

Cita-cita:

Adalah suatu hal yang diimpikan dan menjadi suatu pokok perencanaa bagi masa depan sesorang dalam menjalani hidupnya. Cita-cita dapat disebut juga sebagai mimpi yang belum menjadi nyata.

Contoh:
Seseorang yang sejak kecil bercita-cita menjadi seorang dokter pastilah akan terus mengingat cita-cita tersebut dan akan berusaha untuk mewujudkannya menjadi nyata dengan usaha yang nyata dan pastinya gigih, suatu cita-cita tidak akan menjadi nyata tanpa adanya usaha yang nyata dari orang yang menginginkannya.

Kebajikan:
Adalah suatu sifat yang mengutamakan dan mengamalkan kebaikan sebagai landasan hidup dalam dirinya, orang yang mengamalkan kebaikan pastilah juga mengamalkan kebaikan secara langsung dalam hidupnya.

Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku seseorang:
>Keluarga
>Pengamalan nilai rohani
>Pergaulan
>Pendidikan

Usaha/Perjuangan
Merupakan suatu sifat yang diartikan sebagai bagian dan wujud dalam menggapai sebuah mimpi dan harapan.

3 Aliran filsafat:
>Materi
>Relistis
>Religi

Keyakinan dan Kepercayaan
Suatu paham yang dianut manusia sebagai suatu hal yang memberikan aturan mengenai apa yang baik dan yang jahat di mata Yang Maha Kuasa, di mana manusia meyakini bahwa ada kuasa yang lebih besar yang menciptakan kehidupan itu sendiri sehingga manusia dituntut untuk melakukan pembalas budian dalam bentuk ritual tertentu yang sudah diatur.


0 komentar:

Posting Komentar