Selasa, 13 Maret 2012

SEBERAPA PENTING MATA KULIAH WARGA KENEGARAAN BAGI MAHASISWA

Pendahuluan:

Pada materi ini, akan dijelaskan mengenai pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi mahasiswa. Di mana pada era globalisasi ini terdapat berbagai macam tantangan bagi mahasiswa mengenai nasionalisme, di mana pada era globalisasi ini, berbagai macam kebudayaan dari luar masuk dengan begitu mudahnya di Indonesia. Sehingga, terdapat semacam "akulturasi" antara budaya Indonesia dengan budaya dari luar, dan terkadang anak muda Indonesia mudah terpengaruh, sehingga melupakan akar budaya dan nasionalisme dasar mereka, yaitu tanah air mereka, Indonesia.

Untuk itu dibutuhkan kesadaran tingkat tinggi untuk dapat mencegah generasi muda Indonesia melupakan sejarah dan cita-cita bangsa dan negara, dan kesadaran itu dapat ditumbuhkan dengan mempelajari ilmu Kewarganegaraan ini, bukan hanya sekedar formalitas, tetapi sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebanggaan kita sebagai orang Indonesia di era post-moderen.

Dengan mempelajari ilmu Kewarganegaraan, diharapkan:

1. Tumbuh rasa nasionalisme dan kebanggaan nasional terhadap Indonesia
2. Mengetahui dasar landasan dan cita-cita Indonesia sebagai negara
3. Memberikan perasaan untuk membangun Indonesia dengan menggunakan ilmu yang diperoleh sebagai seorang mahasiswa
4. Mengetahui tugas dan tanggung mahasiswa terhadap negara

Karena itu mata kuliah Kewarganegaraan adalah sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa yang masih muda sehingga mereka tidak kehilangan "identitas" mereka sebagai warga negara Indonesia yang harus bangga terhadap tanah air mereka.

Pada, masa di mana banyak informasi masuk dan keluar melalui perangkat komunikasi, banyak hal yang dapat diperoleh dan dipelajari oleh kaum muda Indonesia. Namun, dengan banyaknya informasi yang bisa diakses, sehingga terkadang hal-hal yang negatif dapat pula masuk dan memeberikan pengaruh bagi generasi muda Indonesia.
Sebagai contoh gaya hidup, banyak generasi muda Indonesia lebih bangga terhadap kebudayaan dari negara luar dibanding dengan kebudayaan asli milik Indonesia, padahal kebudayaan Indonesia jauh lebih kaya dibandingkan dengan kebudayaan luar milik bangsa asing tersebut.

Hal ini sunggu ironis, karena menandakan bahwa anak-anak muda Indonesia tidak memiliki kebanggaan terhadap hasil kebudayaan milik bangsanya sendiri. Oleh karena itulah pendidikan kewarganegaraan sangat dibutuhkan bagi mahasiswa, bukan sekedar formalitas belaka tapi harus ditanamkan secara mendalam. Karena dengan begitu kita sebagai generasi muda Indonesia mempunyai kebanggaan terhadap tanah air Indonesia.

Untuk itu, saya sebagai mahasiswa, dan generasi muda Indonesia, menyetujui dan mendukung penuh pembelajaran mata kuliah "Kewarganegaraan", dengan tujuan untuk memberikan pendidikan lanjutan kepada mahasiswa mengenai keadaan riil dari negara Indonesia agar timbul semangat untuk mengenal lebih lagi tentang negara Indonesia beserta institusi dan tujuannya, sehingga mahasiswa dapat memperoleh wawasan lebih untuk memajukan negara Indonesia.



NAMA: Samuel Yudhistira
NPM: 16210346

1 komentar:

w4t3rmelon mengatakan...

teman, jangan lupa ya mencatumkan link Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id. Sekarang kan sudah mulai perkuliahan softskill dan Sebagai salah satu penilaian mata kuliah softskill harus mencatumkan link Gunadarma.

Posting Komentar